ARTIS MEROKOK MEROKOK

Kalo ada artis merokok mungkin beritanya jadi rame, apalagi kalo yang merokok mewakili ikon artis yang nota bene berjilbab seperti zaskia mecca. Mungkin karena artis yang merokok, berjilbab lagi maka beritanya menjadi “heuboh”, karena berita inilah zaskia mecca kehilangan satu order main filmnya. Terlepas benar atau tidaknya, merokok adalah hak individu, sepanjang hak itu tidak mengganggu hak orang lain untuk mendapatkan udara segar, tapi dalam kasus ini mungkin orang menjadi heran, mengapa orang yang terkenal dan berjilbab kok merokok ( andaikata itu benar )? daripada bingung berikut adalah hasil survei mengenai larangan merokok ditempat umum, MARI KITA DUKUNG LARANGAN MEROKOK DI TEMPAT UMUM

KOMPAS.COM, SENIN – Pemerintah dinilai belum serius melindungi warga dari bahaya asap rokok. Padahal, sebanyak 1.172 orang di Indonesia meninggal setiap hari karena tembakau.

Hal itu diungkapkan Dr Hakim Sorimuda Pohan, Wakil Ketua Forum Parlemen Indonesia, dalam konferensi pers pemaparan hasil poling mengenai opini masyarakat Indonesia terhadap Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) di Gedung Nusantara 3 DPR. Ia mengatakan, Indonesia belum meratifikasi FCTC dan sampai sekarang belum ada undang-undang khusus yang mengatur pembatasan rokok.

Dalam poling tersebut sebanyak 68 persen masyarakat Indonesia percaya bahwa menghirup asap rokok orang lain dapat mengancam kesehatan orang yang tidak merokok. Mayoritas penduduk juga mendukung larangan merokok di ruang publik lainnya, seperti di restoran (81 persen), dan tempat publik seperti lokasi perbelanjaan, terminal bus, dan stasiun kereta api (75 persen).

Bahkan, 99 persen masyarakat Indonesia mendukung larangan merokok di rumah sakit dan klinik serta di perkantoran dan ruang kerja tertutup. Sebanyak 96 persen juga mendukung larangan penjualan rokok pada anak di bawah usia 18 tahun.

Survei tersebut dilakukan kepada 1.200 responden yang dipilih secara acak di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Pengambilan data yang dilakukan QUIRK Global strategies itu diklaim mewakili 90 persen total populasi, dengan sampel error 2,8 persen dan tingkat keyakinan 95 persen.

“Dengan hasil polling ini menunjukkan bahwa orang Indonesia mendukung UU pengendalian tembakau yang lebih tegas,” ujar Hakim. Ia mengatakan, Indonesia merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang belum meratifikasi FCTC.

Menurut Hakim, pihaknya telah mendesak DPR untuk merumuskan undang-undang larangan penjualan rokok kepada anak-anak dan  pengendalian tembakau, sntara lain dengan menemui pimpinan DPR, mengirimkan surat kepada Badan Musyawarah untuk merumuskan, dan surat kepada masing-masing anggota legislatif.

“Meskipun masa jabatan DPR tinggal satu setengah tahun tetap kami mengejar terus,” ujarnya

Add to Technorati Favorites

5 Responses to ARTIS MEROKOK MEROKOK

  1. vian says:

    iya kapan ya diratifikasi,aq udah nggak tahan tiap hari udara yang aq hirup di kantor bercampur asap rokok.Aq bingung dengan pemerintah yang mendua (he he kayak judul lagunya yovie n nuno aja )
    karena PP 19 tahun 2003 yang mengatur pembuatan ruang khusus merokok sebagaimana di pasal 22 ternyata mandul karena tidak memuat sanksi yang tegas.kirim2 info y aq pengen buat protes ke kantor aq nih.

  2. andai setaiap orang yang merokok bisa menghargai hak orang lain untuk menadaptkan udara segar, mungkin dengan sendirinya PP 19 th 2003 bisa applied, mungkin faktor habit

  3. Ari says:

    Saya juga kampanye untuk tidak merokok di ruang kantor (suatu ruangan luas partisi setengah badan dengan 120 pekerja). Awalnya menyampaikan keluhan ke manajer dan himbauan, ternyata lebih galak si perokok sehingga gagal total.
    Baru efekif setelah si perokok di foto dan diancam untuk di posting di blog dan akan didiskusikan ke direktur. Sukses berat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: