AGNES DANOVAR : TENTANG LAGU GABY

 

Akhirnya setelah lama memilih untuk diam. Agnes davonar memutuskan untuk memberikan kralifikasi dengan Silet. Tim Silet dipilih karena selama ini lebih berimbang dalam menuturkan sebuah fakta sesuai logonya Setajam SILET. Tim Silet meminta waktu untuk melakukan wawancara yang dilakukang di sebuah cafe.

Fenomena yang kini sedang terjadi di masyarakat secara luas telah membuat cemas sang penulis akibat tulisan yang ia buat. Untuk meredahkan dan mengikis paranoid mistik , Agnes davonar pun menceritakan kenyataan sesungguhnya tentang misteri Gaby.

Sesuai yang pernah diutarakan lewat pernyataannya, Agnes davonar tidak pernah mengira tulisan yang ia buat karena terinpirasi oleh lagu Jauh, begitu membius para pembacanya yang diikuti oleh alunan mistik bahwa kisah itu nyata apa adanya. Penulis telah beberapa kali mengatakan jika cerita itu hanyalah sebuah fiksi alias tidak nyata. Namun kenyataan sesungguhnya malah sebaliknya. Hal ini mengundang kecemasan yang berlebihan di masyarakat.

Agnes davonar dalam wawancara dengan Tim Silet mengatakan awal mula lagu itu ia dapatkan ketika berada di Bali dalam sebuah acara tenis internasional. Lagu itu diberikan oleh seorang teman yang sering memperdengarkan kepadanya. akhirnya ia membawa lagu itu ke Jakarta. Karena keaktifannya dalam menulis cerita , ia pun menalarkan lagu itu melalui cerita yang ia buat. Pembaca Agnes davonar memang tidak perlu diragukan lagi. Karya yang ia beri judul ” Kisah lirik terakhir” merupakan karya ke 37 nya saat itu.

Agnes juga menyarankan pembacanya untuk mendengarkan lagu jauh yang dapat didownload di blognya. Namun inilah awal permasalahan terjadi, kisah ceritanya dibajak dan disebarkan melalui blog ke blog lainnya kemudian di publish di beberapa situs internet. Akibatnya, berkembanglah isu kalau cerita itu adalah nyata. kisah itu adalah kisah seorang gadis yang bunuh diri karena ditinggal kekasihnya. Memang benar dalam kisah itu dikisahkan sang gadis memutuskan untuk bunuh diri.Namun kisah itu 100% hanya fiksi.

Tanggapan terhadap Kisah lirik terakhir berkembang pesat 3 bulan kemudian di dunia maya. Agnes davonar pun diminta untuk membuat kisah itu menjadi novel agar lebih mendetil. karena ingin memanjakan pembacanya ia pun membuat kisah itu dalam bentuk novel online bersambung hingga episode ke enam. Namun kisah mistik itu semakin merebak dan membuat semakin banyak orang yang berburu tentang kisahnya di internet. Akhirnya berkembanglah berbagai versi yang mengatakan kisah kematian Gaby dengan berbagai versi yang menakutkan.

Agnes davonar merasa sangat bersalah karena kisahnya membuat perkembangan rumit. Ia pun memutuskan untuk mencari tau siapa pemilik lagu tersebut, tampaknya jalan itu mulus ketika ia berkenalan dengan band Caramel asal surabaya namun kenyataannya tidak seperti diharapkan. Ia pun akhirnya memutuskan untuk membiarkan polemik ini berkembang hingga akhirnya kisahnya melebar dari dunia maya ke dunia kenyataan.

Itulah sejarah daripada awal mula kisah gaby. Agnes davonar bukan orang yang sulit dicari di internet. Sebelumnya pun karya karyanya terkenal di kalangan komunitas maya. Bahkan salah satu novel yang diangkat dari kisah nyata seorang gadis kecil yang terjankit  kanker hingga meninggal  menjadi fenomenal , karena membuat banyak orang bertanya tanya kenyataan gadis tersebut.
http://lieagneshendra.blogs.friendster.com/my_blog/2007/03/surat_kecil_unt.html

Karena mempunyai bukti jika kisah surat kecil yang ditulis oleh seorang gadis kecil yang meninggal tersebut, akhirnya fenomenal itu hanya berputar di dunia maya saja.

Namun lain lagi dengan Gaby, kisah ini pada kenyataan di dunia maya memang sudah diketahui asal usulnya. namun perkembangan di masyarakat yang tidak
memiliki jaringan akses internet berkembang ganas. Untuk itulah ia memberikan klarifikasi awal mula kisah ini berkembang. Agnes davonar juga tidak akan memberikan penyataan tentang siapa yang berhak atas kepemilikan lagu yang sedang di perebutkan oleh 5 band yang sedang mengklaim lagu itu.

Ia hanya berkata

” Kami tidak punya kapasitas untuk menyatakan siapa pemilik lagu itu, karena kami hanya seniman yang mencintai karya itu, untuk menentukan siapa pemilik lagu sah itu biarkan lah pengadilan yang memutuskan”

Namun memang ibarat sebuah pesawat terbang, tanpa kisah itu  lagu ini terasa hambar. tudingan berbagai pihak yang mengatakan ada udang dibalik batu dipungkasnya dengan mengatakan

” Bahkan saya mengenal mereka karena media , tanpa anda saya pun tidak akan kenal siapa pemilik lagu tersebut, darimana bisa saya dianggap mencari keuntungan dari mereka!”

Ditanya tentang buku yang ia keluarkan sebagai ajimumpung Agnes davonar juga membantah hal tersebut.

” Buku ini hanya sebagai bentuk pelurusan terhadap permasalahan yang terjadi, kami hanya ingin memberitahukan bahwa kisah ini fiksi sehingga tidak lagi menimbulkan polemik yang meresahkan dimasyarakat. Karena kalau kami mencari keuntungan semata, kami tidak mungkin mau begitu saja memberikan cerita yang kami tulis sejak dua tahun lalu secara gratis. Tapi memang kami hanya ingin menyalurkan ide kami saja, tanpa dibayar dan tanpa pernah berharap buku ini dikeluarkan. Toh, Kami masih aktif menulis di internet.”

Ya itulah ungkapan dari misteri yang berkembang saat ini, permasalahan akan polemik ini semoga saja menjadi akhir daripada ketakutan masyarakat yang konon bisa kesurupan karena lagu ini menjadi lebih tenang. Yang patut dipertanyakan saat ini.

Siapa yang berhak atas kepemilikan lagu ini, hanya waktu yang akan menjawab?

DOWNLOAD LAGU JAUH(GABY),KLIK DISINI

 

4 Responses to AGNES DANOVAR : TENTANG LAGU GABY

  1. wery says:

    strategi pemasarannya sukse ya?

  2. alin says:

    mudah”_an semua isu ni,dapat berakhir.
    karna menurut ramalan MAMA LAURENT gaby masih hidup blom mati
    sebener_nya kurank kerjaan banged si nyebarin isu kaya gini

  3. arika says:

    oh gitu ternyata..😀
    baru tau..hehe

  4. darma putra says:

    Hebatnya penulis tentang Gaby ( Agnes Danovar ), apaun yang terjadi tentang lagu Gaby yang pasti Agnes itu seorang penulis hebat, sang penulis mampu memboomingkan sebuah lagu yang sederhana dirilis oleh beberapa anak muda ( Caramel ) dari makasar (isu Terakhir) dan diperdengarkan pada tahun 2005 di sebuah perguruan di kota yang terkenal dengan coto makasarnya. inspirasi dan nalar seorang penulis yang dimiliki agnes briliant. walaupun menjadi sebuah fenemena di publik namun itu sebuah penciptaan karya yang luarbiasa. salut buat agnes dan terbukti bahwa masyarakat bisa terbawa dalam karyanya. bekasi akhir juli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: